Peran Aktif Pelajar Dalam Mengenali & Melestarikan Budaya Kalimantan Tengah

    Kalimantan tengah merupakan provinsi yang memiliki kebudayaan  yang cukup beragam, para pelajar, nya pun harus turut melestarikan kebudayaan kalimantan tengah agar kebudayaan tersebut tidak punah dan tidak tergantikan oleh budaya dari negeri lain. Peran generasi muda, sangatlah penting dalam hal melestarikan kebudayaan, terutama dikalangan pelajar, karena para pelajar adalah generasi penerus bangsa yang harus ikut serta dalam melestarikan kebudayaan daerahnya .Para pelajar di kalimantan tengah terlihat cukup

antusias dalam melestarikan kebudayaannya, hal ini terlihat dari kemauan mereka yang masih mau turut serta dalam festival atau acara-acara yang bersangkutan dengan kebudayaan kalimantan tengah,
     Pulau Kalimantan ternyata memiliki berbagai macam tradisi, adat-istiadat, kesenian, tari-tarian dan berbagai macam ritual yang melekat dan erat dengan kehidupan masyarakat sehari-harinya.
Semua kegiatan tersebut akan mengundang decak kagum bagi orang-orang yang baru pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini. Tidak heran banyak juga orang asing yang melancong ke sana untuk sekedar berlibur atau yang menetap untuk sementara waktu melakukan penelitian atau observasi tentang kehidupan masyarakat sehari-hari.
      Tarian adat daerah, seperti Tari Manasai 
 

merupakan salah satu kebudayaan yang harus dilestarikan agar tidak punah. Tari ini merupakan tari yang melambangkan kegembiraan. Tari ini biasanya juga diadakan untuk menyambut tamu-tamu pemerintahan yang ke sana. Intinya tarian “selamat datang” untuk tamu-tamu yang berkunjung ke Kalimantan. Tari ini juga biasanya dipentaskan pada acara festival budaya Isen Mulang yaitu acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan dibantu oleh dinas pariwisata dan dinas-dinas yang terkait, tujuannya adalah menarik minat wisatawan untuk berkunjung serta memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah sehingga masyarakat luar juga mengetahui budaya dari daerah lain. Hal tersebut akan memperkaya budaya nasional bangsa kita.     
       Pelestarian adalah suatu proses atau tehnik yang didasarkan pada kebutuhan individu itu sendiri.
Kelestarian tidak dapat berdiri sendiri. Oleh karena itu harus dikembangkan pula.
Melestarikan suatu kebudayaan pun dengan cara mendalami atau paling tidak mengetahui tentang budaya itu sendiri.Mempertahankan nilai budaya,salah satunya dengan mengembangkan seni budaya tersebut disertai dengan keadaaan yang kita alami sekarang ini yang bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai budayanya.
Sebagai pelajar,kita wajib melestarikan budaya-budaya daerah kita sendiri agar tidak luntur atau hilang.
Karena budaya yang kita punya dapat mencerminkan kepribadian daerah kita yaitu Kalimantan Tengah.
Faktor Eksternal yang mempengaruhi lunturnya kebudayaan Kalimantan Tengah adalah generasi muda/pelajar lebih bangga terhadap budaya asing
yang lebih mengarah pada kebebasan. Sedangkan Faktor Internal adalah Masyarakat tidak mengajarkan pada generasi muda/pelajar mereka.
sehingga generasi muda tidak peduli dengan eksistensi budayanya sendiri, sebagai contoh Generasi muda mungkin tidak
mengetahui lagu-lagu dan tarian dari daerah mereka sendiri tetapi mereka bisa dengan mudahnya menarikan dance modern atau
balet dan menyanyikan lagu-lagu anak sekarang (pop,rock).
Upaya untuk melestarikan dan mengeksistensikan budaya antara lain:
1.Dengan kita mempelajari kebudayaan dari daerah kita sendiri.
2.Belajar mendalami budaya kita dan memperkenalkanya pada saat hari-hari penting atau
   upacara kedaerahan.
3.Memupuk semangat generasi muda agar bangga dengan adat budaya daerahnya masing-masing.
5.Selalu mengasah ketrampilan agar nantinya bisa dipentaskan dalam acara kenegaraan sehingga budaya
   kita dikenal dimata Nasional dan Internasional.
6.Membuat suatu wadah atau lembaga untuk menyalurkan bakat dan kreatifitas generasi muda dalam hal
   kebudayaan.
      Dengan upaya yang disebutkan diatas kita para pelajar Kalimantan Tengah diharapkan mampu untuk melestarikan Kebudayaan Kalimanta Tengah, sehingga kebudayaan di bumi TAMBUN BUNGAI ini menjadi tetap lestari dan kita juga berharap agar masyarakat dari luar daerah  bahkan mancanegara dapat mengenal kebudayaan Kalimantan Tengah, hal ini dapat membuat kita merasa bangga dapat menjadi pelajar Kalimanta Tengah.


Komentar

Posting Komentar